Kamis, 02 April 2015

Yang terhormat bapak Alim Ulama’, bapak Romo Kyai Samuri Yusuf  yang saya ta’ati fatwa-fatwanya.
, para hadirin serta teman-teman yang berbahagia

Puji syukur Alhamdulillah, karena apa ! karena sampai saat ini! kita masih tetap dalam lindungan-Nya.  A….Ami..n.

Sholawat serta salam semoga  tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Hadirin yang saya hormati……………
Saya akan mengambil tema To Build Up Brotherhood of Islam Membangun Persaudaraan Islam”

Hadirin yang berbahagia……….
Have yau ever think if you live alone in the world? Pernahkah kalian membayangkan hidup sendirian di dunia?…… wach…… kalau kita hidup sendirian! sepi dong dunia! Tidak ada yang menjadi guru, tidak ada dokter, tidak ada yang menanam padi. Bila ada bahaya….! tidak ada yang menolong! Wa…..ch bisa berabe dong!
Ketika kita lahir saja, di bantu oleh dokter ataupun bi….bidan? Untuk membersihkan dan merawat kita. Oleh karena itu! tidak mungkinlah! kita hidup sen….sendiri.

Hadirin yang dimulyakan Allah……..
All of you must be need others Semua orang pasti membutuhkan orang lain ! What for untuk apa? Untuk diajak bekerja sama! bantu membantu! biar tercipta persaudaraan yang har…harmonis.
Mari kita renungkan! Pakaian yang kita pakai! tentu membutuhkan tukang ja….jahit, kita makan tentu membutuhkan beras, beras berasal dari padi. Siapa yang menanam padi? Bapak tani. Dimanapun kita berada! pasti tidak lepas dari orang….orang lain.

Hadirin yang berbahagia……..
And then, How to build up brotherhood of Islam Lalu! bagaimana cara membangun persaudaraan Islam? Nah, ini saya punya sedikit resep cara membangun persaudaraan Islam:
  • Help before asked  Bantulah sebelum! di minta.
Kalau kita ingin diperlakukan dengan baik oleh teman, kita harus mendahului berbuat baik sebelum  di minta oleh teman Contoh kecil: Waktu di kelas teman tidak bawa pensil! segeralah pinjami, sebelum dia bilang meminjam.
Sebab sebagaimana hadist Nabi SAW




“ orang mukmin terhadap orang mukmin yang lain, bagaikan satu bangunan yang saling kuat menguatkan satu sama lain”

  • Don’t make semeone angry Hendaklah tidak menyakiti teman,
baik dalam perkataan maupun perbuatan



”Orang muslim ialah orang yang dapat membuat kaum muslim merasa aman dari lidah dan tanganya”

Teman-teman kalau kita dipukul atau diejek! gimana rasanya? senang tidak teman-teman? ….. kalau gitu! jangan sampai kita memukul ataupun mengejek! apalagi menghina orang tua teman, sama saja dengan menghina orang tua kita sen….sendiri.




  • Hendaklah kita tidak mendiamkan teman,
apalagi sampai tidak menyapa teman melebihi tiga hari!
Hai mau kemana? di sapa gitu aja! cemberuuut! Tidak mau menoleh! Seolah-olah tidak dengar! Kalau kita melihat teman yang seperti itu! segeralah minta ma’af mungkin kita punya salah pada dia dan mema’afkan bila teman minta ma’af.

Hadirin yang dimulyakan Allah……
  • Say Salam Ucapkan Salam disertai senyum manis
dimanapun kita bertemu dengan sesama muslim:



Kenapa! Kita kok harus ucapkan salam? sebab salam yang kita ucapkan sebenarnya berisi do’a, agar teman kita selamat, mendapat rahmat dan perlindungan dari Al….Allah dan kalau kita diberi salam oleh teman wajib menja…..menjawab.



Dari mana! Mau kemana! Wa…ch luar biasa senang dan bahagianya teman dengan begitu! Cobalah!

  • Say Al Hamdulillah when friend to sneeze Menjawab ucapan hamdalah teman yang bersin.
Contoh: Teman kita bersin (ha….ha… jing) lalu teman mengucapkan Al Hamdulillah  segeralah menjawab :
Betul nggak teman-teman !
“Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya bagimu”

  • Dan jangan lupa Visit your friend when she is sick  Tengok teman ketika sakit.
Dengan kita menjenguk teman yang sakit dan mendo’akannya! Tentu! akan sedikit mengurangi rasa sa…sakit teman. Hibur dan berilah semangat! bahwa sakit itu tempat kita merenung segala dosa.
Coba bayangkan….! bila kita sakit, kemudian di jenguk dan dido’akan! Betapa gembira dan bahagianya kita! Ya…kan teman-teman…….? kok diam saja

Itulah beberapa hal cara To Build Up Brotherhood of Islammembangun persaudaraan islam. Dan ada satu hal yang tak kalah pentingnya dalam kita berteman! yaitu tidak perlu membedakan teman! antara teman yang miskin dan yang kaya, yang pintar dan yang kurang pin…pintar. Asal mengajak baik! mengajak berbakti kepada Allah. Bertemanlah pada mereka.

Hanya itu yang dapat saya sampaikan! Semoga Allah SWT, selalu memberi kemudahan dan bimbingan dalam setiap langkah kita Amin.
Bila ada tutur kata saya yang kurang berkenan di hati, saya secara pribadi mohon keikhlasan hati untuk mema’afkan. Sekian terima kasih.
Billahi Taufiq Wal Hidayah Warridlo wal Inayah